Thursday, March 29, 2012

Mengeluarkan CD/DVD di Mac

Mengeluarkan CD/DVD di Mac - Pernah mengalami CD/DVD stuck alias nyangkut di dalam superdrive Mac (Macbook, Macbookpro, Mac Mini, iMac) ? Pasti rasanya panik banget ya, keringatan panas-dingin sebab CD nyangkut dan gak bisa keluar dari dalam superdrive :)

Karena produk Mac itu termasuk 'barang mewah', jadi dia memang rada-rada 'belagu' kalo pilih-pilih kepingan CD/DVD nya. Ya harus standar lah, ketebalan standar, gak boleh cd/dvd bajakan, dll!! Cape deh!! :) Beda banget sama produk PC merk lain yang segala masuk.


Karena superdrive Mac itu bentuknya slot-loading bukan tray kaya komputer biasa, menjadi kelemahan kalo CD stuck di dalam.


Ini beberapa kemungkinan kenapa CD/DVD nyangkut di dalam:
  • Ketebalan kepingan CD nya gak standar. Eits, jangan salah loh banyak CD yang ketebalannya beda-beda. Katanya yg standar itu punya ketebalan 0.7 sampe 1 mm.
  • CD bajakan ! Banyak kasus dari pengalaman teman-teman pengguna Mac yang nyangkut itu adalah CD bajakan karena ya itu seperti dijelasin di poin pertama.
  • CD sudah baret-baret alias cacat. CD yang cacat membuat optic si superdrive Mac memaksa membaca di track/clutser yg rusak sehingga superdrive selalu running.
  • Optic superdrive lemah. Karena sering dipake (kerja rodi) untuk burning, muter film, dll maka kemampuan baca/tulis jadi lemah.

Solusinya:

  1. Jangan panik!!! Ini solusi pertama, sebab kalo panik gak bisa berfikir positif dan jernih. Tenang dan yakin pasti ada solusinya adalah modal utama.
  2. Cara yg umum kalo Mac masih running dan gak hang. a) Klik kanan di icon CD yang berada di desktop dan pilih 'eject'. Atau b) Drag icon CD ke tempat sampah yang berada di dock. atau dengan cara terakhir ini c) masuk ke Applications > Utilities > Disk Utilities > Pilih gambar CD kemudian klik tombol 'eject' berwarna biru yang berada di atas windows.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog