Wednesday, August 17, 2011

Menentukan Target Pasar

Dalam 2 minggu terakhir ini saya mengenal Digie, sebuah website yang menggunakan brand "DigieClub- Komunitas+Peluang Usaha Digital". Saya mengenal website yang didirikan (kalau gak salah) pada 26 Februari 2010 ini dari seorang teman yang sama-sama sharing informasi di yahoo answer.

Saya coba menjadi free member Digie dan secara aktif mempromosikan bisnis afiliasi dari PT. TI. Sebuah bisnis afiliasi yang beberapa bulan ini menjadi pendapatan tambahan bagi saya. Setidaknya, saya dalam hampir 4 bulan ini sudah menerima pembayaran sebanyak 2 kali (silakan baca artikel tentang "Meningkatkan Penghasilan sebagai Wirausaha Online dengan Bisnis Afiliasi).

Uniknya, dari sekian pesan yang secara massal saya kirimkan melalui Digie, muncul berbagai macam reaksi. Ada yang minta diajarkan cara berbisnis online, ada yang mengaku sudah mengikuti bisnis serupa dari PT. TI, dan ada yang merendahkan bisnis PT. TI tersebut dan menganggapnya hanya bisnis kacangan dan "sampah". Tapi pepatah berkata, "Biarkanlah....Anjing menggonggong, toh uang tetap masuk ke rekening saya".

Dalam postingan saya kali ini, bagi teman-teman yang sudah ikut PT. TI saya ingin berbagi ilmu marketing yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis tersebut.

Sebenarnya sangat sederhana. Adalah facebook yang selalu setia menemaniku dalam melakukan promosi PT. TI. Rahasia yang saya lakukan adalah saya membuat (lagi) facebook baru yang tujuannya untuk berbisnis online. Jadi saya punya 2 fb. Satu yang pribadi dan satu lagi untuk berbisnis online. Apa rahasia membuat fb untuk bisnis online ?? Jawabannya adalah, saya mencoba dan belajar Menentukan Target Pasar yang Sesuai untuk bisnis saya tersebut. Maksudnya ? Saya tak bosan-bosannya menambah teman-temah saya sesuai kriteria, karakter dan tipe konsumen yang sesuai untuk bisnis saya.

Untuk bisnis afiliasi dari PT. TI (silakan baca artikel tentang "Meningkatkan Penghasilan sebagai Wirausaha Online dengan Bisnis Afiliasi). ini saya coba add teman-teman dengan ciri khusus. Adapun ciri khusus tersebut adalah :
  1. Pria/wanita. Maaf, yang selain itu tidak saya add
  2. Usia antara 17-24 tahun. Mengapa harus usia tersebut ? karena pada usia tersebut, seorang fesbuker biasanya orang-orang yang gaul dan mempunyai daftar teman yang banyak sekali (Tuh kan ujung-ujungnya saya sebenarnya membantu downline saya juga agar dapat meraih banyak dari teman-teman mereka)
  3. Kondisi ekonomi yang menengah ke bawah. Bagaimana cara mengetahui kondisi ekonomi mereka ? Saya hanya menebak dari asal SMA mereka. Saya membayangkan bahwa mungkin yg masuk ke sekolah (SMA) tersebut pasti orang yang biasa-biasa saja.
Dari ketiga ciri khusus tersebut ternyata lumayan berhasil. Hasilnya adalah sekitar 200 orang lebih selama 4 bulan terakhir ini sudah memberikan penghasilan tambahan bagi saya, ditambah 2-3 minggu ini ada tambahan downline yang berasal dari Digie. Kalau dihitung sih sampai 17 Agustus (Merdeka..) ini dari digie saya berhasil merekrut 14-15 orang. Lumayan kan....

Jadi saran saya, jangan lupa Menentukan Target Pasar
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog