Thursday, September 22, 2011

Lindungi Anak dari Konten Negatif Internet

Internet semakin akrab dengan dunia anak. Namun Anda perlu waspada, karena banyak konten tak layak yang beredar dan bisa mempengaruhi kondisi mental anak. Mulai dari pornografi, perjudian, kekerasan, dan sebagainya.

Bagaimana mengontrol penggunaan internet pada anak tanpa harus menjadi 'musuh' untuk kesenangan barunya ini? Dikutip dari detikinet, Berikut sembilan tips yang bisa diikuti untuk mengamankan anak-anak dari konten negatif di internet.

1. Buat Akun dan Username Tersendiri untuk Anak

Anak-anak harus punya akun sendiri di PC, dan memiliki username sendiri. Inilah satu-satunya cara yang efisien untuk mengawasi aktivitas apa saja yang dilakukannya di internet dan orangtua lah yang menjadi sistem administratornya.

2. Update

Software antivirus dan parental control harus tetap update, agar keamanan anak selama berselancar di internet tetap terjaga.

3. Awasi Situs-situs yang Dikunjungi Anak 
Dengan fungsi browsing record, Anda bisa mengetahui situs apa saja yang dikunjungi anak. Jika ditemukan record yang terhapus, bisa menjadi pertanda awal jika ada yang dirahasiakan. Diskusikanlah dengan anak Anda tentang hal itu.

4. Awasi Webcam pada Komputer 
Pastikan kamera webcam tidak terkoneksi dengan internet jika kamera tidak sedang digunakan.

5. Periksa Notifikasi Akun Jejaring Sosial Anak 
Wall Facebook adalah tempat untuk berbagi di ranah publik, sama sekali tidak ada batasan, sehingga potensial memunculkan risiko bagi keamanan anak-anak.

6. Jangan Kirimkan Informasi Rahasia Lewat Internet 
Jangan pernah memberikan informasi yang bersifat rahasia dan pribadi lewat lewat e-mail atau chat. Demikian pula Bank, tidak pernah meminta data rekening dan nomor PIN. Hal ini sangat penting, oleh sebab itu perlu ditanamkan kepada anak-anak.

7. Jangan Membalas Pesan yang Bernada Melecehkan 
Pada situasi dimana anak mendapatkan pesan yang bernada melecehkan di internet, sampaikan kepadanya untuk tidak perlu membalas. Umumnya, respon reaktif seperti itulah yang diinginkan oleh pengirim. Jika kiriman pesan tersebut berulang kembali, laporkan pada pihak berwajib.

8. Tidak Semua yang Ada di Internet Benar 
Anda perlu menekankan pada anak bahwa tidak seluruhnya informasi yang ada di internet berasal dari sumber terpercaya. Saat ini, mudah sekali mendapatkan segala hal dari internet. Itu sebabnya disarankan kepada untuk ekstra hati-hati ketika memperoleh informasi dari internet.

9. Jalin Komunikasi yang Intens 
Berkomunikasi secara terbuka dengan anak sangat penting untuk membahas tentang keamanan mereka. Sekaligus merupakan cara terbaik untuk mendorong anak-anak agar bersedia berbagi tentang apa yang ditakutkan, apa yang menarik bagi mereka daripada serangkaian peraturan yang menekan dan hukuman.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

2 comments:

  1. kalo terlaluu diperhatikan kayak gituu si anakk malann nentang gan,,,???

    ReplyDelete
  2. bagaimna cara mengajak anak berkomunikasi dengan baik gan,,kalo si anaknya aja susahh di ajak berkomunikasi

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog