Monday, May 9, 2011

Koleksi DVD Agar Muat Banyak Film

Punya koleksi film berkualitas tinggi dan berniat untuk memindahkannya ke kepingan DVD agar bisa jalan di DVD Player?
Ada beberapa software pilihan yang dapat membantu Anda untuk memindahkan dari "file menjadi DVD". Setidaknya Anda bisa mencoba :
  1. DVD Flick
  2. Super DVD Creator
  3. Free DVD Creator. Ini adalah DVD Creator yang paling sering digunakan oleh para pembajak CD/DVD Bajakan karena selain gratis, menu yang ditampilkan sangat friendly banget.
  4. Nero Burn. Ini adalah software burning yang paling populer di seantero bumi.

Anda bisa mencoba 4 program di atas dan bisa membandingkan kekurangan maupun kelebihannya.
Sebagai gambaran saja, saya pernah mencoba mendokumentasikan koleksi film Naruto Shippuden dengan format avi ke sebuah DVD. Saya mencoba menggunakan Free DVD Creator dan Nero Burning v9.0. Hasilnya, 1 keping DVD Film Naruto terisi oleh 17 seri film naruto shippuden ketika menggunakan Nero Burning (padahal bila dijumlahkan ukuran file ke-17 seri film tersebut hanya 1,94 GB) , sedangkan dengan Free DVD Creator, 1 keping DVD  terisi oleh 16 seri film yang sama (padahal bila dijumlahkan ukuran file ke-16 seri film tersebut hanya 1,80 GB).

Bila masih belum puas dengan daya tampung DVD yang hanya muat 16-17 serial film naruto, mungkin anda bisa mencoba mendokumentasikan file2 tersebut ke dalam DVD tapi bukan sebagai Film DVD. Maksudnya, jika Anda pernah menonton film DVD maka anda mungkin pernah melihat di film tersebut ada komponen2 film seperti subtitles, chapter yang berbeda, scenes film, dll dimana komponen-komponen tersebut merupakan tambahan yang sebenarnya membuat daya tampung DVD anda berkurang.

Bila hanya untuk mendokumentasikan koleksi film-film, Anda bisa menyimpannya di DVD sebagai Data buka Film/Video. Berhubung DVD Player zaman sekarang termasuk canggih, dimana DVD Player saya pun lumayan bisa membaca beberapa format film walaupun harganya sangat murah yaitu sekitar Rp. 120.000,- . Anda bisa menggunakan Nero Burning untuk membakar "Data" menjadi DVD.
Tapi sebelumnya anda harus merubah/conversi file-file tersebut ke format yang universal dan terbaca oleh DVD Player.
Untuk itu Anda bisa menggunakan Format Factory, yang bisa didownload Disini (saya pun pernah membuat artikel tentang Format Factory).

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu :
1. Download dan instal format factory
2. Pilih Video -> All to AVI -> Output Setting
3. Pada Video Stream, pilih video encode = MPEG4 (Xvid), Video size = DVD NTSC, FPS = 29,97 atau 23,976 tetap bisa jalan
4. Pada Audio Stream, pilih sample rate menjadi 48000
5. setelah settingan diubah, bila diperlukan anda bisa klik SAVE AS kemudian OK
6. Pada menu Add File, pilih file-file yang akan dipilih terus OK
7. Klik Start, tunggu dan lihat hasilnya dengan mengklik output folder atau F2
8. Buka Nero Startmart, klik DVD, Create Data dan masukkan file-fille hasil olahan di atas dan tinggal burning ke DVD. Dengan cara seperti ini, anda bisa mengkoleksi film-film Naruto Shippuden ke 1 keping DVD sebanyak 31 seri. Lumayan kan ??

Catatan : saya pernah mencoba menconvert file Avi ke MPEG (yang ternyata bisa juga dibaca oleh DVD Player). Sebagai perbandingan saja, dari file asli berformat avi yang berukuran 3.281 Kb saya convert ke Avi agar bisa dibaca di DVD dengan hasil convert-an sebesar 3.887 Kb, sedangkan ketika di convert ke MPEG filenya membengkak menjadi 6.491 Kb. Tapi semuanya terserah anda mau convert ke MPEG atau Avi
Semoga Bermanfaat ya...
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

6 comments:

  1. menarik sekali infonya sob,biasanya saya hanya memanfaatkan nero saja.

    ReplyDelete
  2. memang benar.......
    makasih ni atas sharing nya...

    ReplyDelete
  3. makasih infonya sob... maju terus

    ReplyDelete
  4. wah info yang menarik..bisa tambah ngerti ni

    ReplyDelete
  5. Good info :)
    semoga sukses selalu ..
    mampir juga ke toko ane ^^

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog