Monday, July 18, 2011

Perbedaan Bisnis PPC (Pay Per Click) dengan Bisnis PTC (Pay To Click)

Banyak sekali dari blogger atau pemilik website khususnya yang masih pemula, yang masih bingung dengan bedanya PPC dan PTC. Biasanya seorang blogger pasti mengenal dua istilah tersebut. Karena seorang pebisnis online yang berangkat dari Blog lalu terjun ke bisnis online… rata-rata yang dikenal duluan adalah bisnis PPC dan PTC. :)

Kecuali kalau kamu adalah seorang blogger murni, alias tujuan kamu ngeblog ya ngeblog aja… posting artikel aja, nggak ada niatan lain untuk melakukan Monetizing terhadap blog kamu. Tapi bagi blogger yang ingin ngeblog sekaligus bisa mendapatkan uang dari blognya, pasti deh kenal dua istilah diatas. Kalau nggak kenal… wah, kemane aje selama ini? :)

Sekarang di Indonesia memang lagi sedang trend dengan bisnis PTC  (Pay To Click), sehingga kemudian banyak yang salah kaprah dengan kehadiran PPC (Pay Per Click) ditengah mereka.

Mungkin perlu sedikit aku jelasin sedikit perbedaan antara keduanya, karena memang keduanya berbeda… meski sama-sama menggunakan istila “Pay” dan “Click”. Nah, disini saya akan coba berikan kalimat yang sederhana agar mudah dipahami secara logika, khusus bagi kamu jika masih pemula. Jika sudah tahu apalagi expert, mohon minggir sebentar yach… kasih kesempatan Newbie untuk tahu. :)

Nah, apa sih sebenarnya perbedaan dari keduanya?

Pay Per Click (PPC)
PPC atau Pay Per click atau “bayar per klik” merupakan program yang sebenarnya menjembatani antara Pemasang Iklan (advertiser) dan Penerbit Iklan (Publisher), yakni kita sebagai pemilik Blog/Web. Jadi pemasang iklan menyerahkan kepada sebuah situs jasa Penerbit Iklan tertentu di internet untuk menyebarkan iklannya ke semua situs Publisher yang menjadi anggotanya/jaringannya. Advertiser (pemasang Iklan) akan di kenakan bayaran jika iklan mereka di klik oleh pengunjung website pada blog/web si Publisher (Web/Blog kita). Dan Publisher akan mendapatkan Penghasilan/Komisi dari jumlah iklan yang di klik pengunjung kita tersebut, besarnya komisi sesuai yang ditetapkan oleh situs Penerbit Iklan

Atau singkatnya begini : Pemasang Iklan membayar jika iklan mereka di klik, sedangkan Publisher (pemilik web/Blog) akan mendapatkan Penghasilan dari iklan yang kita pasang di web/blog kita yang di klik pengunjung , bukan di klik sendiri.

Untuk menjadi Publisher di program PPC, maka di perlukan sebuah website/blog yang hidup, maksudnya website yang memiliki pengunjung  rata-rata 100 Unique Visitor perharinya agar bisa mendapatkan penghasilan, Lalu kita mendaftarkan web/blog kita pada situs Penerbit iklan (seperti KlikSaya.com, KumpulBlogger.com, Adsense.com, dls) agar bisa mendaaptkan sebuah kode yang bisa kita pasang di web/blog kita. Sehingga di blog kita akan terpasang sebuah iklan yang bila iklan itu di klik oleh pengunjung kita, maka kita akan otomatis mendapatkan komisi tertentu.

Nah bagaimana dengan blog yang tidak ada pengunjungnya? kamu bisa jawab sendiri… pastinya tidak bisa menghasilkan apa-apa :)

Pay To Click (PTC)

PTC atau Pay To Click yakni kita “Mendapatkan bayaran dari klik klik iklan”, yang sudah disediakan situs Pengelola PTC. Jadi gampangnya kita akan dibayar jika kita mau meng-Klik beberapa link iklan yang disediakan oleh situs Penyedia program PTC.

Kita akan dibayar sebanyak jumlah per Click yang kita lakukan, Perklik iklan biasanya dinyatakan “valid” jika telah membuka halaman hingga selesai dalam waktu 30 detik dan seterusnya dengan iklan yang lain. Setelah itu maka member PTC akan mendapatkan bayaran, semakin banyak iklan yang disediakan perharinya untuk di klik maka semakin banyak pula kesempatan untuk klik-klik iklan tersebut sehingga perolehan komisi akan semakin banyak pula. :)

Untuk menjadi member PTC tidak harus memiliki website, kamu cukup mendaftar pada sebuah situs penyedia program PTC (seperti NeoBux.com, Buxto.com,dls). Dan kamu cukup stanby setiap hari di internet untuk melakukan klik klik iklan yang disediakan perharinya disana. Agar setiap hari bisa dapat penghasilan…. maka kamu harus melakukan klik iklan setiap hari disitus tersebut, atau dapatkan sebanyak mungkin referral untuk membantu meningkatkan earning/penghasilan. Ini jujur agak melelahkan. :)

Dengan PPC kamu tidak perlu terlalu lelah, karena cukup sediakan sebuah “space” kosong di blog kamu untuk menampilkan iklan dari situs Penerbit Iklan, lalu tingkatkan traffict/pengunjung ke blog kamu, dan biarkan website/blog kamu menghasilkan uang dengan sendirinya selama 24 jam.

Berdasarkan perbedaan diatas, semoga bisa dimengerti apa itu sebenarnya bisnis PPC dan PTC, khususnya jika anda pemula di dunia Internet atau bisnis online.

Bagaimana masih ada yang belum paham dengan perbedaan diatas? Jika masih bingung jangan hanya bilang “bingung” atau “nggak ngerti”, tapi sampaikan apa kebingungan kamu. Sampaikan aja di kolom komentar… maka akan coba saya jawab. :)
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog