Monday, June 14, 2010

Inilah 10 Tahapan Repair Handphone Black Berry


Menengok ke service center blackberry dalam menangani sebuah ponsel pintar yang rusak ternyata dapat dijadikan inspirasi untuk menjadi wirausaha. Mengapa ? Karena dengan mempelajari tahap-tahap yang dilakukan oleh sebuah service center terkenal untuk produk terlaris, seorang wirausaha (terutama yang bergerak di reparasi handphone) dapat menjadikan langkah-langkah tersebut sebagai SOP untuk usahanya.
Apa saja yang dilakukan oleh Teleplan (mitra resmi RIM di Indonesia) :
  1. Log In
    Di titik ini, semua BlackBerry yang akan direparasi harus diinput terlebih dulu ke dalam database RIM yang ada di Kanada untuk diverifikasi. Dari nomor PIN dan IMEI yang diinput akan ketahuan apakah BlackBerry ini resmi keluaran untuk Indonesia, atau bukan. Jika tidak, reparasi tak akan dilanjutkan.
    Hanya BlackBerry dari mitra operator dan distributor resmi saja yang bisa diperbaiki. Lainnya, seperti keluaran AT&T, T-Mobile, dan Vodafone, misalnya, itu tidak diizinkan,
  2. Triage & PDW
    Setelah selesai Log In, BlackBerry akan dipindai di tempat ini untuk dicek keseluruhan perangkat yang ada, termasuk apakah ada jeroan refurbish di dalamnya. Screening awal yang sesuai panduan untuk semua tipe handset ini memakan waktu kurang lebih 2-3 menit.
    Di sini, semua data yang ada di BlackBerry pelanggan juga akan di-wiped (dihapus) semua demi menjaga kerahasiaan data pelanggan juga. Sebab, kami tidak diperbolehkan untuk tahu apa isi file dari BlackBerry tersebut. Jadi, back up semua data Anda sebelum direparasi
  3. Software Configuration
    Di bagian ini, semua BlackBerry yang telah dihapus datanya akan diinstal ulang dengan update software dan sistem operasi terbaru. Komputer station yang digunakan di lini konfigurasi ini terhubung langsung ke server RIM di Kanada melalui main server lokal yang disebut BlackBox
    Semua komputer yang digunakan di seluruh area reparasi di Teleplan terhubung ke server RIM di Kanada melalui BlackBox ini
  4. RF Test
    Bagian ini hanya untuk mengetes apakah perangkat BlackBerry bisa menangkap dengan baik sinyal 2G/3G seperti GPRS/EDGE/HSDPA yang dipancarkan oleh operator seluler di frekuensi 900/1800/2100 MHz.
  5. Disassembly
    Pembongkaran unit. Di tempat ini, jeroan BlackBerry akan dipreteli habis-habisan. Kita bisa melihat isi di dalam BlackBerry, mulai dari papan PCB, layar LCD, dudukan keypad, memori, dan lainnya.
    papan PCB dikategorikan bermasalah jika bengkok atau ada kemiringan hingga 2 milimeter. Problem lain yang banyak juga kita temui selain papan PCB yang bengkok, seperti keypad, kamera, dan MMC (kartu memori). Dari perangkat yang bermasalah itu kebanyakan terjadi pada seri BlackBerry 8520 Gemini dan Bold 9700 Onyx.
    Namun jika dilihat dari gejala keseluruhan, Teleplan paling sering menemui masalah kerusakan pada layar monitor LCD, keypad atau papan tombol ketik, dan jogball atau trackball yang biasa digunakan untuk navigasi.
  6. Assembly
    Setelah BlackBerry yang dipreteli selesai diperbaiki, maka giliran lini assembly untuk merakitnya kembali. Kedua lini tersebut, kata sang teknisi, bisa mereparasi semua perangkat BlackBerry yang ada di Indonesia, mulai dari model 8100 hingga yang terbaru dan akan segera masuk ke Indonesia, yakni seri BlackBerry Tour/Bold 9650 dan Pearl 3G 9100/9105 Stratus.
  7. Media Load & Label Print
    Di sini, semua konten BlackBerry yang hilang saat diperbaiki akan diisi ulang (restore).
  8. End of Line (EOL)
    Proses reparasi hampir mendekati akhir. BlackBerry yang diperbaiki akan dites semua fungsinya, apakah sudah 100% atau belum. Di sini akan dicek semua, mulai dari suara, keypad, LCD, dan lainnya. 
  9. Quality Assurance (QA)
    Jika sudah lolos tahapan ini, maka reparasi BlackBerry sudah selesai. Sebelum perangkat BlackBerry dikembalikan lagi pada pelanggan, Teleplan akan mengecek ulang untuk memastikan kualitas dari perbaikannya sudah 100%.
  10. Log Out
    BlackBerry yang sudah selesai diperbaiki kemudian dilaporkan kembali melalui input database ke server RIM di Kanada. Proses verifikasi ini untuk mengabarkan bahwa unit yang rusak sudah rampung direparasi.
    Unit ponsel itu lalu dikemas dalam satu paket--yang bisa memuat hingga enam unit BlackBerry--yang dilapisi bubble foam atau semacam plastik yang menggelembung untuk mengantisipasi goncangan. BlackBerry siap untuk dijemput oleh Authorized BlackBerry Customer Care Center untuk diambil oleh pemiliknya.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

9 comments:

  1. Ternyata tahapan repair blackberry transparan ya dan tepat waktu. Kalau layanan purna jualnya seperti ini, Insya Allah banyak yang gunakannya. S*** E******* tidak seperti yang saya harapkan service-nya -_- ..

    ReplyDelete
  2. mampir ke blog sahabat sambil bagi2 award...

    komentar balik yah sekalian check award dari gubuk aku

    ReplyDelete
  3. # Blogging Tips : trims atas kunjungannya...nanti deh saya pikir2 dulu untuk melakukan blog award seperti yang kamu minta

    ReplyDelete
  4. wah ... bisa jadi kerja sambilan ... :)

    ReplyDelete
  5. pupuk organik
    pupuk organik : Ironis , pakai racun u/ tingkatkan produksi padahal dari sisi hasil skr sdh turun krn tanah sdh tidak subur lg akibat racun yg ditinggalkan pupuk kimia.
    Kunjungi Website : http://pupuk-bioorganik.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. IPv6 has a vastly larger address space than IPv4 or we can say that IPv6 is based on IPv4 or IPv4 means Internet Protocol version 4, whereas IPv6 means Internet Protocol version 6. It is an evolution of IPv4. So I think that many things which we find with IPv6 are familiar to us. ( http://bodhost.co.uk/linux-vps-hosting.shtml)

    ReplyDelete
  7. A better line of mobile e-mail and smartphone devices work as a Personal Digital Assistant with address book, calendar and to-do list capabilities, that is known as BlackBerry. BlackBerry is designed by one Canadian company. I think it has many good point.

    ReplyDelete
  8. Belum punya BB,,, jadi belum bisa praktek,,,, hehe

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog