Saturday, October 1, 2011

Perencanaan Keuangan di Masa Produktif

Kapankah waktu yang terbaik untuk mulai merencanakan keuangan anda? Bagi setiap orang mungkin akan berbeda jawabannya. Tapi sesuai dengan kalimatnya “Kapan waktu merencanakan keuangan anda?”. Tentunya seminimal mungkin ketika anda sudah memiliki uang yang akan dikelola dan direncanakan, atau lebih baik lagi anda bisa memulai merencanakan sebelum anda memiliki penghasilan. Perencanaan keuangan yang baik adalah perencanaan yang dimulai dan diimplementasikan, jangan sampai hanya anda merencanakan tetapi tidak menjalankannya.

Banyak cerita yang saya dengar orang sudah tidak bekerja lagi padahal masih dalam masa produktif. Apakah mereka memang sudah masuk ke dalam kondisi bebas financial ataupun karena ketatnya persaingan pekerjaan saat ini. Tapi walaupun begitu, banyak orang yang saat ini bekerja sambil mempersiapkan usaha sendiri agar pada suatu waktu akan benar-benar pindah dari posisi karyawan menjadi pengusaha. Saat ini bahwa banyak orang yang tidak bekerja lagi padahal mereka masih pada masa produktif. Hal ini jelas  sangat berpengaruh sekali terhadap perencanaan keuangan. Karena justru pada masa produktiflah perencanaan keuangan dalam prosesnya. Masa produktiflah dimana orang akan mempunyai penghasilan dan banyak tujuan keuangan.

Kenapa masa produktif itu sangat berharga, karena masa produktif adalah masa dimana kita masih bisa bekerja dan mengumpulkan aset investasi melalui keringat kerja kita.  Umumnya di Indonesia memakai patokan minimal sampai umur 55 tahun dimana ini adalah usia rata-rata orang di Indonesia pension. Walaupun kita tahu masih banyak orang yang bekerja sampai usia sangat lanjut bahkan sampai umur 70 tahunan dengan dasar motivasi yang beraneka ragam. Karena saat memasuki masa pension pun sebagian besar orang aka nada yang masih merindukan masa-masa produktif nya.

Ok, sekarang kita anggap masa produktif mulai dari usia 23 tahun dimana ini usia rata-rata orang baru lulus dari pendidikan S1 dan mendapatkan pekerjaan pertamanya. Pastinya dari pekerjaan akan mendapatkan penghasilan yang berarti di masa ini sudah mulai harus mengontrol dan merencanakan untuk tujuan masa depannya. Selain itu, artinya kita punya waktu 32 tahun untuk berjuang demi masa pensiun kita.  Jangan sia siakan masa ini karena apabila kita tidak merancangnya dengan baiknya, maka sudah pasti kita akan menyesal justru pada masa pensiun kita sendiri. Perencanaan keuangan yang matang akan membantu anda melewati masa-masa ini dengan gemilang yang pada akhirnya mencapai masa pensiun yang membahagiakan. Bekerja keras dan cerdas di masa produktif dan dengan perencanaan yang baik, akan membuat masa saat ini terasa berharga untuk mempersiapkan masa depan.

Usia juga akan mempengaruhi keputusan dalam merencanakan keuangan dan terutama dalam pemilihan untuk berinvestasi. Artinya pemilihan jenis investasi antara seorang dengan usia 30 tahun tentu jelas akan berbeda dengan orang yang berumur 50 tahun karena situasi dan kondisi serta tujuan yang ingin dicapaipun sudah berbeda.  Bagaimanapun kesigapan, ketekunan dan kecerdikan anda dalam mengelola keuangan akan membantu anda mengendalikan keinginan mata anda yang seringkali mengalahkan prioritas keuangan anda

Ingat umur kita tidak pernah tahu, kalo asumsinya masa pensiun kita sama denga masa produktif kita maka kita akan hidup sampai 80 tahun. Cukupkah dana pensiun dan aset investasi kita membiayai hidup kita sampai umur tersebut. Perencanaan Keuangan yang matang akan memastikan bahwa anda tidak akan hidup menderita secara ekonomi di kemudian hari khususnya pada masa pensiun anda. Oleh karena itu, mulai lah merencanakan keuangan anda sejak saat ini, sejak mendapatkan gaji pertama, sejak anda mulai mengenal uang agar masa depan anda sesuai dengan yang anda inginkan dan rencanakan.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

2 comments:

  1. kalo saya schh perencanaan uangg dari sekarangg donkk,,tepatnya dari keluar sekolah

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog