Wednesday, December 8, 2010

Getah Pohon Pisang Bisa Suburkan Rambut

Rambut indah dan lebat menjadi impian tidak hanya kaum perempuan meski ada ungkapan rambut adalah mahkota wanita. Sebab, kenyataannya, kaum pria saat ini pun takut bila mengalami kebotakan. Jadi, begitu rambut mulai rontok, orang akan panik dan buru-buru mencari sampo atau tonik penguat rambut atau penyubur rambut. Dan kebanyakan penguat rambut yang dijual di pasaran memanfaatkan tanaman lidah buaya dan ginseng karena kedua bahan ini memang sudah dibuktikan bisa mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Namun, selain lidah buaya, ada jenis tanaman lain yang mengandung senyawa yang sama dan bisa mencegah kerontokan serta menyuburkan rambut, yakni getah pisang. Ternyata tanaman pisang hampir sama dengan pohon kelapa, mulai buah sampai daunnya mempunyai manfaat yang tak ternilai.

Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, daun pisangnya pun sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, khususnya olahan makanan sebagai pembungkusnya. Namun siapa yang menyangka bahwa getah pisang yang ditakutkan ibu-ibu bila terkena baju tidak akan hilang nodanya ternyata memiliki manfaat bisa mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut.

Adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang berhasil menemukan inovasi ini. Lima mahasiswa itu, yakni Masripah, Elsa Anindhita, Wianti Aisyah V, Imay Adiyati H, dan Yoshiko NS, berhasil menemukan kandungan bermanfaat dari getah pisang ini.

Setelah mengetahui kandungan tersebut, tim melakukan uji coba pada kelinci. Kelinci dipilih karena secara struktur bulu-bulu kelinci hampir sama dengan rambut manusia. Dari penelitian itu didapat hasil bahwa pada konsentrasi 2 persen ekstrak getah pisang efektif terhadap uji aktivitas mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut dengan sediaan spray getah pisang.

Dalam praktik pembuatan getah pisang menjadi spray, tim lebih dulu mengumpulkan bahan. Setelah itu baru memasuki tahap pembuatan ekstrak kering getah pisang yang dilanjutkan dengan tahap formulasi spray getah pisang. Begitu selesai, baru dilakukan uji coba pada kelinci tersebut.

Kini hasil karya tim mahasiswa ini sudah dikemas dengan merek Banhair. Aroma atau bau spray getah pisang ini tidak terlalu menimbulkan bau menyengat, alami, dan warna cairan spray juga bening.

Sumber : Tribun Jabar
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

1 comments:

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog