Thursday, February 5, 2009

Master Plan Bolehngeblog


Beberapa waktu yang lalu ketika saya mempromosikan blog (yang belum sempurna) ini ke teman-teman saya via email beruntun baik dari google mail maupun melalui yahoo mail, ada beberapa teman yang menanyakan apa sih tema atau Mater Plan (hebat ya kata2nya) blog kamu itu? Apa tujuan blognya? Dan yang paling penting (saya bold saja ya) Mengapa buat blog segala?
 
bingung sih harus menjawab pertanyaan yang mana dulu. Saya jawab aja sekenanya. Begini kang, bahwa saya buat blog ini punya satu tujuan bahwa ingin sekali punya blog yang bisa digunakan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan kepada teman-teman saya yang lain. Ilmu maupun pengetahuan yang ingin saya bagi adalah mengenai segala hal yang saya ketahui dan mungkin belum saya ketahui tapi saya jadi tahu karena dikasih tahu sama orang lain (jadi berbelit gini ya). Sehingga materi yang ingin saya share sebenarnya melingkupi semua aspek atau bidang meskipun mungkin ada beberapa bidang yang lebih intens saya posting dng alasan ya itulah bidang saya.
Berbagi Ilmu Pengetahuan secara Legal
Kemudian teman saya menanyakan tentang berbagi ilmu pengetahuan yang dimaksud itu apa? Dan apakah ilmu pengetahuan yang dimaksud bila dibagikan tidak melanggar Hak Cipta?. Saya jawab: begini kang, ada beberapa aspek dari ilmu pengetahuan yang sebenarnya tidak boleh dipendam oleh sendiri. Saya ingin pengetahuan yang diperoleh itu dibagi dan disebarluaskan sehingga pengetahuan yang tadinya belum sempurna 100% menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan mengecualikan ilmu pengetahuan yang memang telah dipaten, saya sependapat dengan konsep dasar Oom Torvald Linus (itu loh pendiri OS Linux) bahwa ilmu itu harus berkembang dan harus dikembangkan dengan satu tujuan agar ilmu tersebut bisa sempurna.

Ada beberapa pengetahuan yang sebenarnya bisa diperoleh secara gratisan. Pengetahuan tersebut dapat dibagi dalam berbentuk program/aplikasi maupun teknis untuk menjalankan program/aplikasi tersebut. Contohnya, ada beberapa perusahaan yang sengaja membuat suatu aplikasi dengan tujuan untuk menekan tingkat ketidak-tahuan masyarakat tentang suatu pengetahuan. Misalkan ya Oom Linus tadi yang dengan semangat dan tujuan seperti di atas, menciptakan Linux
, Operating system yang open source untuk menandingi sistem operasi windows yang terkenal tersebut. Meskipun orang Indonesia masih lebih familiar, tapi perkembangan penggunaan Linux yang dapat diperoleh dengan free lisensi tersebut makin lebih baik lagi tiap tahunnya.

Untuk pengetahuan mengenai teknis dari suatu aplikasi komputer misalnya, dapat kita peroleh langsung di situs ilmu komputer
, yang mana situsnya tersebut memang dirancang sebagai ajang berbagi ilmu pengetahuan khususnya dalam hal komputer (dengan beberapa syarat dan kondisi tertentu). Lumayan lengkap materi yang diberikannya, malahan kita bisa membeli CD isi dari situs tersebut seharga kurang dari ceban (hore..ternyata untuk pintar komputer tidak lagi mahal), alternatifnya adalah situs klik-kanan yang lumayan bagus juga

Materi Penunjang
Gambaran materi tersebut di atas hanya bagian kecil dari master plan isi blog saya ini. Karena selain masalah komputer, blog ini juga akan berisi dengan materi motivasi yang saya peroleh langsung dari situs Mario Teguh, Andrie Wongso, dll serta memasukkan spirit kewirausahaan di dalamnya yang saya peroleh dari berbagai macam sumber seperti dari kompas, Pemerintah setempat, dll dan ditunjang dan tidak lupa faktor hukum atau legalitas dari suatu peristiwa terkini cukup penting dengan tujuan para pembaca blog saya ini dapat memahami dan mendalami sendiri maksud dan tujuan dari blog ini, sehingga mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan semangat baru dalam masa yang sulit ini dengan semangat yang tinggi dan bervisi untuk mencapai masa depan yang lebih baik lagi. Oh ya, untuk rekan-rekan yang memahami mengenai fungsi dari social bookmark mohon untuk ajarin aku dong. Silahkan email aku ya, karena aku gak ngerti tujuannya. Janji deh nanti yang ngajarin, aku do’ain masuk surga. Aamiin.
Akhirnya, yuk baca blog saya ini…..dan jangan lupa isi komentarnya sejelas-jelasnya. trims
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

5 comments:

  1. Wah... Semoga niat baiknya terwujud dengan baik juga ya Mas...

    Trims juga sudah mampir ke blog saya. :)

    ReplyDelete
  2. bagaimana dengan postingan tentang kewirausahaan? koq belum ada terus

    ReplyDelete
  3. This is a process of good bait to attract traffic to your website, Differentiate Yourself From Others, Stimulate Your Creative Juice main Purpose Of A Blog is Advertising.

    ReplyDelete
  4. When you do master plan of blogging obviously you keep in mind that How much time do you have everyday to blog? Are you at least mildly interested in the topics you are writing about? Do you like interacting with other bloggers and marketing your content? Or would you prefer to just focus on your content and let the search engines find you gradually? How well do you know your chosen topic? This determines how easily you can create content or interact within the community. Are you patiently in it for the long haul or are you just interested in making a few quick bucks? Will you be willing to invest money to grow your blogs or are intent on keeping costs as low as possible?

    ReplyDelete
  5. blog anda menurut saya bagus brother,soalnya kebanyakan skrng blogger posting ttg bisnis online dan ajakan buat ikut link referallnya

    --
    http://www.kevinist.tk

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog