Monday, December 12, 2011

Upgrade FB Page, Era Brand Sebagai Komunitas, Kolaboratif & Humanis

Beberapa waktu terakhir ini, apabila Anda mengelola Facebook (FB) Page, maka akan muncul pemberitahuan di bagian atas akan dilakukan upgrade terhadap FB Page, yang akan dilakukan serentak pada 10 Maret 2011, namun kita bisa mencoba terlebih dahulu dengan mengupgrade secara manual. FB Page yang baru kali ini bukan hanya tentang penambahan fitur tapi sekaligus mengubah lanskap interaksi brand di Facebook.
Apabila Anda ingin tahu perubahan apa saja secara teknis dari FB Page, link blog ini menjelaskan dengan sangat baik.

Namun saya lebih tertarik membahas bagaimana fitur baru ini akan mengubah cara brand berinteraksi di Facebook,dan saya pikir perubahan fundamental ini perlu dipahami oleh pemasar, untuk kemudian mengadaptasi perubahan fitur ini pada bagaimana mereka berkomunikasi dengan konsumen di Facebook.

Pertama, FB Page yang baru memungkinkan admin dari FB Page dimunculkan sebagai Page Owner. Apa konsekuensinya? Brand di Facebook didorong untuk turun secara utuh sebagai organizer komunitas, dimana dalam sebuah komunitas harus ada sosok yang dikenal, dan menjadi panutan di antara mereka. Komunitas adalah tentang kedekatan individual dengan figur yang menggerakkan komunitas. Kehadiran fitur ini membuat brand menjadi lebih hangat dan interaktif. Siapkah brand Anda? Ini bukan hanya masalah figur yang dipasang sebagai Community Managernya, tetapi juga konsekuensi kemungkinan terjadi brand Anda akan kalah populer dengan Community Manager yang mengasuhnya.

Kedua, fitur dan tampilan FB Page yang baru sama persis dengan FB Profile, admin FB Page dimungkinkan untuk berinteraksi dengan anggotanya atas nama page. Misalnya ketika saya masuk sebagai Gila Motor, maka saya bisa berkomentar ke anggota Gila Motor sebagai Gila Motor. Fitur ini belum ada sebelumnya. Apa konsekuensinya? Brand benar-benar bisa menjadi manusia, gaya broadcast satu arah yang saat ini banyak dilakukan brand di social media menjadi tidak relevan. Konsumen menuntut brand untuk juga ikut nimbrung dan berinteraksi, bukan hanya sibuk nyebar promosi, dan tempat Customer Care yang menjawab pertanyaan, dan menampung keluhan konsumen.

Ketiga, FB Page baru ini mengubah lanskap brand dalam berkomunikasi. Bila dahulu brand membangun dirinya masing-masing, maka sekarang mereka akan terkucil bila tidak bekerjasama dengan Page lain. Mengapa? Karena fitur baru FB Page memungkinkan Page juga “Like” Page lainnya, sehingga brand pun harus bersifat sosial, harus hadir dan berkolaborasi dengan Page lainnya yang terkait. Brand diharapkan untuk juga bersosialisasi, dan bekerjasama kalau tidak maka akan terkucil. Kolaborasi di FB, nantinya juga akan bisa diturunkan dalam kegiatan offline yang dilakukan secara kolaboratif.

Kolaborasi ini akan membentuk sebuah ekosistem komunitas pecinta brand yang saling mendukung dan melengkapi. Saya pikir era baru ini, brand seharusnya mengubah paradigma lama, kalau kita kerjasama dengan brand lain nanti ketutup dong? Justru tidak, apabila brand ini saling melengkapi kenapa tidak? Contoh Gila Motor sebagai sebuah komunitas motor, sudah semestinya berkolaborasi dengan Yamaha Indonesia, Ducati, WeLOveHonda, Yamaha Motor Indonesia dll.

Sudah mengupgrade FB Page terbaru? Bagaimana pendapat Anda? Ada tambahan lain?
copas dari http://www.virtual.co.id
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

17 comments:

  1. FB Page baru ini mengubah lanskap brand
    makasih gan,,,,..

    ReplyDelete
  2. hemmh,,sekarang udah yang terbaru lagi,,saya bahkan belom buat fb page karena nggak bisa caranya gan,,ada nggak tutorialnya? terima kasih

    ReplyDelete
  3. mantap gan lengkap banget bahasannya :D

    ReplyDelete
  4. gimana sih gan caranya ?
    ane ga ngerti caranya nih

    ReplyDelete
  5. ya memang hebat Fb itu tapi tergantung orang yang menggunakannya
    kita harus bisa mengggunakan denagn positrif

    ReplyDelete
  6. thanks mas atas ifonya ..memang ini info yang saya cari cari
    beruntung bisa mememukan web ini..
    good

    ReplyDelete
  7. Salam persahabatan,
    Agan yang terhormat silahkan ditengok blog jelek ane,
    Link agan sudah ane tancapkan di blog sesuatu banget!ane.
    Sudikah agan Tukeran Link dengan blog jelek ane?
    kalau mau, Link balik ya gan,..
    kalau tidak mau juga gak papa ane iklas,...
    Terima kasih sebelumnya gan..salam blogger bersatu.!!!

    ReplyDelete
  8. terimakasih infprmasi yang bermanfaat dan menarik

    ReplyDelete
  9. sangat kreatif dan bermanfaat ditunggu postingan berikutnya yahhhhh

    ReplyDelete
  10. wah infonya sangat bagus dan kreatif sekali, ditunggu deh postingan berikutnya...thanks

    ReplyDelete
  11. terimakasih dengan adanya artike ini saya mendapat pengetahuan yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. thanks for share .
    ditunggu postingan terbarunya ya

    ReplyDelete
  13. good post .
    bermanfaat banget nih gan .
    ditunggu postingan terbarunya

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog