Monday, April 23, 2012

Membuat Website Dengan Wordpress

Membuat Website Dengan Wordpress - Karena caranya yang sangat mudah dan sederhana, Wordpress merupakan tool website favorit bagi mereka yang ingin membuat website dengan memanfaatkan platform Wordpress. Berikut sedikit tips bagaimana cara membuat website dengan Wordpress.

Lantas apa saja yang harus dibutuhkan? Setidaknya Anda harus memiliki beberapa tool seperti dibawah ini:
  1. Software XAmpp lite.
  2. WordPress versi terbaru.

Kemudian, bagaimana langkah-langkahnya? Perhatikan cara berikut.
  • Pertama, kita harus mengunduh dan menginstal software XAMMP lite. Software ini dapat diunduh secara gratis di http://www.apachefriends.org/. Download dan instal software tersebut ke komputer Anda.
  • Kedua, kita harus memilki versi terbaru dari Wordpress. Kembali, software ini dapat diunduh dan diinstal secara gratis. Unduh software tersebut di http://www.wordpress.org/download. Download dan instal.
  • Ketiga, setelah proses unduhan, instal software tersebut. Extract XAMPP lite di drive yang diinginkan. Jika sudah, jalankan XAMMP Control lite dengan mengeklik tombol start. Tunggu hingga muncul tulisan running.
  • Keempat, buka peramban Anda dan tuju ke alamat ini http://localhost/. Pilih bahasa pengantar yang akan digunakan. Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka akan tampil tulisan ”Welcome to XAMPP Congratulations: You have successfully instaled XAMMP on this system!”.
  • Kelima, klik phpMyadmin yang letaknya di panel sebelah kiri. Cara lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan peramban dan menuju ke alamat http://localhost/phpmyadmin/. Di kotak create new database isikan nama baru. Misalkan “percobaan” kemudian klik create.
  • Keenam, ekstrak file Wordpress yang telah diunduh tadi ke drive C:/xampplite/htdocs. Kemudian ubah nama folder atau buat sebuah folder baru bilamana tidak ada folder yang tersedia.Misalnya “percobaan”.
  • Ketujuh, buka peramban Anda kemudian ketik http://localhost/percobaan/ maka akan tampil sebuah menu Wordpress. Klik create a configuration file. Kemudian, akan tampil sebuah laman baru dan klik lets go!.  Kemudian akan tampil sebuah jendela baru yang harus Anda lengkapi data-datanya. Form ini akan berisi database name (isikan sesuai dengan database yang telah dibuat tadi, misalkan percoban), usernama (isikan dengan riot), password (kosongkan), kemudian klik submit.
  • Kedelapan, kemudian akan muncul sebuah laman lagi yang memuat langkah terakhir, yakni proses penginstalan. Klik run the install. Isikan judul blog serta alamat email Anda. Kemudian klik install wordpress.
  • Kesembilan, apabila kesemuanya dilakukan dengan benar, maka akan tampil tulisan succes. Ingat usernama serta password yang anda gunakan. Kemudian klik sign. Isikan username serta password tadi. Dan langkah terakhir klik login. Selamat, Wordpress Anda telah terinstal di komputer.

Dengan Wordpress, kita dapat nge-blog sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Baik itu sesuai hobi, aktivitas, atau kegemaran. Namun, tak sedikit yang memanfaatkan Wordpress untuk menjalankan bisnis. Seperti bisnis online.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog