Saturday, April 14, 2012

Tutorial Membuat Blog Wordpress

Tutorial Membuat Blog Wordpress - Membuat blog itu mudah. Hanya dengan beberapa langkah, maka blog akan siap sedia dalam hitungan menit. Namun terkadang ada yang beranggapan jika membuat blog itu sulit. Padahal tidak sama sekali. Berikut sedikit panduan membuat blog Wordpress.

Informasi yang beredar atau tersebar yang diketahui oleh masyarakat terkait dengan blog tidaklah sepenuhnya benar. Mungkin Anda pernah juga mendengarnya. Misalkan saja untuk membuat blog diperlukan:
  • biaya,
  • kemampuan berbasis web,
  • keahlian menulis.

Namun, tidak semua asumsi di atas benar. Misalkan di point pertama. Membuat blog sama sekali tidak memerlukan biaya. Semuanya gratis dan disediakan oleh penyedia blog gratis. Wordpress misalnya.

Dan point kedua, memang setidaknya memiliki sedikit kemampuan dasar dalam bidang web. Misalkan kemampuan dalam bahasa html atau css, terutama untuk mengutak-atik tampilan blog. Namun jika tidak juga tak mengapa. Tanpa memiliki kemampuan tersebut kita tetap dapat bisa nge-blog.

Nah, untuk poin yang terakhir mungkin ada benarnya. Jika kita tidak memiliki hobi menulis, mengapa harus blogging? Karena inti dari kegiatan utama blogging adalah menulis. Tanpa tulisan (atau yang dikenal dengan istilah posting), sebuah blog akan pingsan atau mati suri.

Tutorial Membuat Blog Wordpress

Lantas, bagaimana langkah-langkah untuk membuat blog di Wordpress? Berikut sedikit tips yang dapat Anda manfaatkan.
  1. Pertama, kunjungi laman web Wordpress yang beralamat di http://www.id.wordpress.com/. Sekarang Wordpress telah mendukung bahasa Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika kurang menguasai bahasa asing khususnya Inggris.
  2. Pada form pendaftaran, isikan beberapa data sebagai berikut; nama pengguna, kata sandi, konfirmasi, alamat email, dan data lainnya.
  3. Kemudian, klik berikutnya.
  4. Pada laman berikutnya akan muncul beberapa menu tampilan seperti; nama domain, judul blog, bahasa, dan privasi. Lengkapi beberapa pilihan tersebut.
  5. Jika semuanya telah dilakukan dengan benar, maka langkah berikutnya adalah dengan mengklik tombol Sign Up.
  6. Langkah berikutnya adalah mengecek email Anda. Mengapa? Karena Wordpress akan mengirim password ke alamat email Anda. Ini juga cara untuk mengaktivisasi akun Wordpress Anda.
  7. Setelah Anda buka email tersebut, kemudian cari tautan yang memuat aktivisasi akun Wordpress Anda. Klik pada tautan tersebut dan Anda akan dibawa ke laman login Wordpress.
  8. Nah, sekarang Anda telah memiliki akun Wordpress. Silakan login dan tuju ke laman dashboard Wordpress.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog