Monday, April 16, 2012

Membuat Template Wordpress

Membuat Template Wordpress - Bosan dengan template Wordpress yang ada? Atau ingin memodifikasi template Wordpress namun kurang tahu caranya. Membuat template Wordpress sebenarnya mudah. Asalkan kita tahu caranya. Berikut sedikit tips bagaimana membuat template Wordpress sendiri.

Membuat Template Wordpress
Ada tiga cara dalam mendapatkan template Wordpress. Pertama dengan menggunakan template standar Wordpress. Kedua, dengan mengunduh di penyedia template Wordpress gratis. Dan yang terakhir adalah dengan memodifikasinya.

Modifikasi! JIka belum bisa! Mengapa tidak belajar? Ada dua buah situs unggulan yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar template Wordpress. Pertama adalah Cypherhackz, dan yang kedua adalah Wpdesigner.

Di kedua situs tersebut kita akan mendapatkan langkah-langkah bagaimana belajar membuat template Wordpress sendiri. Pelan namun pasti, lambat laun kita akan familiar dengan bahasa html, kode-kode yang biasanya ditemui di Wordpress.

Situs-Situs Penyedia Design Tools Gratis

Enggan untuk belajar? Ingin cara yang lebih instan? Tentu saja ada. Dengan mengunjungi situs yang menyediakan design tools gratis untuk Wordpress theme. Maksudnya? Kita tinggal klak-klik sana-sini, kemudian pencet tombol unduh maka selesai. Dan tinggal instal. Mudah, bukan?

Yang pertama adalah Wordpress The Generator. Tool ini sangat mudah digunakan. Termasuk untuk pemula. Namun yang menjadi kendala adalah hanya bisa membuat template satu layout sidebar saja.

Namun sekarang, perkembangan terbaru Wordpress Theme Generator telah di-update dengan fitur-fitur yang lebih atraktif. Misalkan sekarang layout template telah mampu mencakup 2 hingga 3 kolom. Kemudian kostumisasi yang komplet seperti backgroud, sidebar, dan nama author template bisa diganti dengan nama Anda. Menarik, bukan?

Yang kedua adalah Templatetr. Dengan Templatetr kita bisa memodifikasi template Wordpress langsung di web-nya. Ingat, Templatetr bukan sebuah software layaknya Artister yang bisa diinstal di hardisk. Namun ini tool web. Fiturnya? Ada penerjemah konten. Namun versi bahasa Indonesia belum support.

Yang ketiga adalah DoTemplate. Namun di DoTemplate fitur yang diandalkan hanya untuk memodifikasi template yang tersedia di sana. Artinya, pilihan template-nya akan sangat terbatas.

Yang keempat adalah CSSEZ Blog DesignTool. Dengan tool ini kita bisa mengkostumisasi template Wordpress sesuai selera. Termasuk dalam CSS. Kemudian jika selesai, template tersebut dapat di-share ke pengguna yang lain.

Dan yang terakhir adalah 350.com. Dengan tool ini kita juga bisa mengkostumisasi template. Namun sayang, tombol unduh tidak tersedia. Situs 350.com bisa dikatakan hanya menyediakan hosting sekaligus kostumisasi template. Misalkan jika Anda menggunakan layanan tersebut, maka alamat blog Anda akan menjadi http://www.bloganda.350.com/.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog