Sunday, November 27, 2011

Mengatasi Penolakan Dari Konsumen

Kalau anda seorang marketer, sudah pasti anda pernah mengalami penolakan dari konsumen. Penawaran yang sudah anda lakukan tidak bersambut dengan baik.

Ya, ini ada kaitannya dengan kesiapan konsumen membeli. Kalau mereka belum siap, sebaik apapun penawaran anda, sebaik apapun produk anda, akan kandas karena konsumen belum siap membeli. Sebaliknya, tanpa di-follow up pun kalau sudah siap membeli mereka pasti akan langsung membeli.

Nah, berhubungan dengan tema kali ini tentang penolakan konsumen, kalau penawaran yang sudah anda berikan tidak mendapat respon positif, apa yang bisa anda lakukan?

Ada beberapa tips marketing yang bisa anda gunakan jika sedang dalam kondisi seperti ini.
  1. Tanyakan kenapa. Tidak perlu ragu, tanyakan kenapa pada konsumen. Mengapa mereka belum memutuskan membeli produk anda. Dengarkan dengan respek alasan mereka. Sangat baik jika sambil ditulis. Dan jangan lupa ucapkan terimakasih. Katakan juga bahwa anda tidak akan “mengganggu” mereka lagi sampai memiliki sesuatu yang lebih baik untuk ditawarkan.
  2. Coba berkaca. Bandingkan penawaran anda dengan produk kompetitor. Bandingkan manfaat, fitur-fitur, dan harga. Apakah penawaran anda lebih baik?
  3. Latih Teknik Marketing. Asah kemampuan menawarkan anda. Tawarkan manfaat terbesar yang akan didapatkan konsumen dari produk anda. Sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Gunakan pendekatan emosional dalam penawaran yang anda lakukan. Sampaikan juga testimoni orang yang sudah pernah merasakan manfaatnya.
  4. Hubungi lagi. Setelah anda dengarkan apa penjelasan penolakan konsumen, dan sekarang anda memiliki penawaran yang lebih baik, jangan ragu segera hubungi mereka lagi. Mereka akan mendengarkan penawaran terbaru anda dan biasanya tidak akan menolak lagi.
  5. Percaya Diri. Meski dihujani berbagai penolakan, tetaplah miliki keyakinan bahwa produk anda yang terbaik. Anda harus meyakini itu sepenuhnya. Sebab kalau anda sendiri tidak yakin, bagaimana anda mau meyakinkan orang lain? 
Anda bisa juga membaca artikel saya yang berjudul Strategi Ampuh Agar Konsumen Membeli Produk Anda sumber : Jokosusilo
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

15 comments:

  1. Marketer tentu telah dibekali kiat jitu oleh manajemen untuk 'menarik' konsumennya. Ada beberapa faktor mengapa mereka 'menolak' dengan halus produk yang ditawarkan kepada mereka. Dari 100 orang yang di-follow up, bila 10-20 orang membeli produk tersebut kiranya ini prestasi yang bagus. Kita tentu salut dengan marketer yang ulet, tangguh, ramah, simpatik, komunikatif dan sukses. Trims sharingnya. Salam sukses.

    ReplyDelete
  2. yang penting jangan lekas menyerah dan evaluasi apa kekurangan kita..

    ReplyDelete
  3. sukses selalu gan , ditunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  4. mantapp juga nih cocok buat saya yang seorang salesman...

    ReplyDelete
  5. tips yang sangat bermanfaat..
    terimakasih atas tips nya...

    ReplyDelete
  6. para sales harus tau nih tentang tips ini...

    ReplyDelete
  7. sebagai sales marketing percaya diri adalah hal yang paling utama.

    ReplyDelete
  8. artikel yang sangat bagus....
    semoga bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  9. maksi banyak gan atas infonya,. sangat membantu salma kenal gan

    ReplyDelete
  10. hemmh,,dimana-mana kalo jadi marketer/ pedagang harus siap di tolak,,karena tidak semua akan membeli produk kita,,,
    sip gan makasih buat tipsnya ya..

    ReplyDelete
  11. yanng penting dari marketer itu ulet , gigih dan pantang menyerah .
    thanks mbak infonya .
    sukses trus ya :-)

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog