Wednesday, November 3, 2010

Blekko, "Search Engine" Alternatif,

Search engine atau mesin pencari Blekko.com mulai dirilis dalam versi beta pada hari ini. Kehadirannya menjadi layanan alternatif selain Bing dan Google. Proyek ini disokong dengan pendanaan sebesar 24 juta dollar AS dan mulai dibangun sejak tiga tahun lalu.

Blekko mengklaim search engine ini didesain untuk mengeliminasi spam yang jamak muncul dalam hasil pencarian dengan memasang tanda slashtag atau garis miring dalam setiap kata pencarian. Misalnya saja /aikido, /beatles, /wow, /twilight maupun /zen. User juga bisa membikin slashtag untuk dicatat dalam topik yang nantinya terdaftar di Blekko, menjadi follower slashtag yang sudah tersedia, dan melihat statistik atas tulisan maupun data yang sudah di-crawl oleh Blekko. Tak hanya itu, Blekko juga mengidentifikasi berapa banyaknya tulisan atau data yang dobel alias terduplikasi.

Blekko memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi kolom di sebelah kiri sesuai dengan kebutuhan. Bahkan terbuka bagi pengguna untuk membikin slashtag. Hanya saja, tetap mensyaratkan untuk login terlebih dahulu.

Blekko telah diuji coba dengan 8.000 orang yang membikin 3.000 slashtag yang berbeda. Tak kurang dari 11 persen existing user kembali menyambangi Blekko saban minggunya.

CEO Blekko Rich Skrenta dan pendiri Blekko Mike Markson tak memiliki target yang muluk-muluk dalam waktu dekat. Namun, keduanya percaya, bila situs yang mereka bangun ini mendapat kunjungan satu hingga dua juta kunjungan saban hari maka akan mampu meraup untung.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

6 comments:

  1. bagus lah... ada yang biasa lebih inovatif kek google... oh ya salam kenal aja... kalau boleh, tuker link, n kunjunganmu kutunggu

    ReplyDelete
  2. bagus, semua dunia ini makin mantaps

    ReplyDelete
  3. Nice inpo gan,,, besuk saya coba pake ini,,,,

    ReplyDelete
  4. Ok bang..gue coba dulu blekko nya. Tks

    ReplyDelete
  5. Blekko, alternatif search engine yang menarik untuk 'dicoba' selain si 'raksasa' Google dan Bing. Kami selama ini sudah terbiasa menggunakan search engine Google. Trims sharingnya. Salam sukses Sobat.

    ReplyDelete
  6. Google tetap menjadi yang terbaik di kelasnya... tapi semkain lama persaingan di ranah bisnis mesein pencari jika diamati semakin menarik saja.

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog