Monday, April 5, 2010

Dari Sebuah Lagu, Tercipta Dollar yang Banyak


Pernah saya ditanya oleh temen yang kebetulan merupakan vokalis suatu band yang lolos pada LA Indiefest tahun 2009, bagaimana sih strategi supaya band-nya terkenal??. Ternyata pertanyaan temen saya itu gampang-gampang sulit untuk dijawab. Saya kemudian mencoba meluruskan bahwa pada dasarnya suatu band jadi terkenal itu karena satu (secara normal) yaitu karena lagunya terkenal. betul gak??
Tdk puas dengan jawaban itu, temen aku nanya lagi. Bagaimana supaya lagunya bisa terkenal??. Nah kalo itu pertanyaan mudah. Begini ya...Untuk dapat meraup uang yang banyak sekali dari suatu lagu maka lagu tersebut wajib dibuat dengan Tujuan tertentu. Maksudnya, cobalah buat lagu yang emang ditujukan untuk sesuatu...masih gak ngerti, nih saya jelaskan:
  1. Belajar buat lagu yang liriknya mengandung kata-kata tertentu. Misal, Soul Id membuat telfon aku yang langsung dijadiin lagu iklan IM3. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Saykoji dengan Online, Ello dengan lagunya lembaran baru. Juga oleh Alexa
  2. Belajar buat lagu yang liriknya bisa dijadikan lagu pada moment tertentu. Misal, Netral dengan Garuda di dadaku. Coklat dengan bendera atau kembali ke zaman sebelumnya, alm. Gombloh dengan Merah Putih. Untuk kriteria ini, lagu relatif lebih bertahan lama (mungkin bisa 40 tahunan) n kebayang kan royalti (ujung-ujungnya duit juga) yang bisa diraup.
  3. Buat lagu, simpan di ziddu atau 4shared dan sebarkan link-linknya  di facebook, friendster, dll. Berikan pendengar lagu yang hanya bagian reffrain-nya saja sehingga mereka penasaran.
  4. Buat lagu yang menggemparkan seperti lagu Tinggal kenangan yang sempat heboh beberapa waktu lalu.
Selesai. Ada yang mau berkomentar?? silakan aja...
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

2 comments:

  1. menciptakan lagu itu sangat sulit dan hasilnya pun seimbang dengan kesulitannya itu.

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog