Salah satu unsur strategi pemasaran terpadu adalah strategi acuan atau bauran pemasaran, yang merupakan strategi yang dijalankan perusahaan. Penawaran produk dengan segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarnya, marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.
Jadi marketing mix terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikenali konsumen dalam pusat sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin dalam melakukan tugas atau kegiatan pemasarannya, dengan demikian perusahaan dapat mengkoordinasikan berbagai variabel marketing mix tersebut untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif.
Seperti diketahui, strategi pemasaran adalah himpunan atasyang secara cepat, konsisten, dan layak dilaksanakan oleh perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang (objectives), dalam situasi persaingan tertentu, dalam strategi pemasaran ini, terdapat strategi acuan atau bauran pemasaran (marketing mix), yang menetapkan komposisi terbaik dari keempat komponen atau variabel pemasaran.
Untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju sekaligus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Implementasi syariat dalam variabel-variabel bauran pemasaran dapat dilihat, misalnya pada produk, barang dan jasa yang ditawarkan adalah yang berkualitas atau sesuai dengan yang dijanjikan. Pada variabel harga, terhadap pelanggan akan disajikan harga yangkompetitif. Pada saluran distribusi pebisnis muslim sekali-kali tidakakan pernah melakukan tindakan kezaliman terhadap pesaing lain, suap untuk melicinkan saluran pasarnya, dan tindakan machiavelis lainnya. Pada promosi pebisnis mulai juga akan menghindari iklan porno, bohong, dan promosi yang menghalalkan segala cara. Masing-masing elemen dalam bauran pemasaran dapat dilihat pada peraga syariah dalam bauran pemasaran.
waaah mantaaap!!!makasih ya infonya...
ReplyDeletemakasih info'a
ReplyDeletepemasaran itu emang menentukan ya,,,sekalipun kualitasnya baik kalau pemasarannya kurang baik??
ReplyDeletemantap sekali nih informasinya,
ReplyDeletesemoga bisa memberi manfaat
terimakasih ya info'a
ReplyDeletesemoga bermanfaat