Cara Mengetahui Keaslian Emas

Wednesday, September 21, 2011
Salah satu investasi yang menjanjikan adalah emas. Bagaimana tidak, harga emas tiap tahunnya meningkat. Baca juga artikel tentang emas ini di "8 Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli emas" atau "Investasi paling menguntungkan"

Disinilah keuntungannya, ketika Anda memiliki emas dan ingin menjualnya, maka Anda mendapatkan keuntungan yang berlipat. Paling menguntungkan berinvestasi emas koin dan batangan, dibanding emas perhiasan. Karena emas perhiasan harganya bisa turun jika dijual kembali.

Masalahnya Anda perlu mengetahui keaslian emas. Dilansir dari WikiHow, penyelidikan tahun 2004 mengungkapkan, lebih dari setengah dari 22 toko di seluruh Amerika Serikat menjual emas palsu. Standar Amerika, emas palsu adalah emas yang berkadar kurang dari 10 karat. Berikut ini cara untuk mengetahui keaslian emas.

Cek Kadar Karat
Kemurnian emas bisa dicek dari kadarnya. Kadar emas dinyatakan dalam karat. 24 karat merupakan emas yang paling murni. Emas 24 karat berkomposisi 99,00 – 99,99%, 23 karat berkomposisi 94,80 – 98,89%, 22 karat berkomposisi 90,60 – 94,79%. Emas 21 karat berkomposisi 86,50 – 90,59%, 20 karat berkomposisi 82,30 – 86,49%. Sedangkan emas 19 karat berkomposisi 78,20 – 82,29% dan 18 karat berkomposisi 75,40 – 78,19%.

Surat dari Antam (Aneka Tambang)

Untuk di Indonesia, keabsahan emas bisa dilihat dari sertifikat yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang, Tbk. Jika tidak memiliki surat ini, maka Anda perlu berhati-hati karena memungkinkan jika emas palsu.

Gosoklah Emas pada Keramik

Dilansir dari WikiHow, untuk mengetes emas coba digosokkan pada keramik. Bila lapisan emas digosokkan dan terdapat goresan hitam, maka sudah dipastikan emas tersebut palsu. Namun, jika tidak berubah warna dan tidak terdapat goresan maka kemungkinan emas asli.

Cek pada Magnet

Emas tidak memiliki daya magnet, jadi jika emas di dekatkan ke magnet dan saling tarik-menarik, maka bisa dikatakan emas palsu. Jika tidak bereaksi pada magnet, belum tentu juga emas itu asli. Karena mungkin saja terbuat bahan non-magnetik.

Berat tapi Lembut

Meskipun lembut, emas asli memiliki bahan yang padat dan berat. Jika emas batangan atau koin terasa ringan, maka bisa saja emas itu palsu.

Alat Pengetes Emas

Alat elektronik ini bisa dibeli, namun harganya cukup mahal. Alat pengetesan emas terdapat di toko emas dan pegadaian, Anda bisa mengeceknya di sana dengan membayar sejumlah uang. Tidak ada ruginya mengeluarkan sedikit uang demi mengetahui keaslian emas.

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengetahui Keaslian Emas dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengetahui Keaslian Emas ini dengan url http://bolehngeblog.blogspot.com/2011/09/cara-mengetahui-keaslian-emas.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengetahui Keaslian Emas ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengetahui Keaslian Emas sebagai sumbernya.

2 comments:

terus mas yg cek pada magnet itu gimana??

mas kalo yg di gosok pd kramik,meski itu emas asli, ga kan ada efek apapun kan pd emas tsb?

Post a Comment

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog. Jangan lupa tinggalkan url blog anda, pasti saya kunjungi balik... Oh ya, saya sedang ikut kontes SEO Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah dan Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia . Mohon dukungannya ya..

 
 
 
 
Copyright © bolehngeblog