Thursday, September 8, 2011

Penyebab Kegagalan Monetize Blog

Mendapatkan uang dan penghasilan dari bisnis online itu tidak mudah. Jika ada yang bilang mudah itu adalah iklan. Banyak sekali hal yang diperlukan untuk mencapainya. Keuletan, ketelatenan, waktu, belajar, tenaga, pikiran, biaya, pantang menyerah, mindset, dan bahkan kesabaran serta konsentrasi. Jika banyak yang sukses dalam bisnis online, percayalah lebih banyak yang tidak sukses atau belum sukses.

Banyak sebab memang kenapa aktivitas blogging belum juga mendatangkan uang dan penghasilan sesuai dengan harapan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan blogger dalam membuat uang secara online, dengan harapan kita para blogger dapat menghindarinya dan segera keluar dari masalah ini.

Blognya sepi banget (traffic low)
Jelas! Ibarat sebuah toko, jika tiap hari belum tentu ada pengunjungnya, jikapun ada satu atau dua saja, dari mana toko itu akan berhasil menjual dagangannya?. Sama persis dengan sebuah websie atau blog. Bagaimana produk atau link afiliasi atau space iklan akan terjual jika blog sepi pengunjung?!. Traffic hampir bisa dikatakan sebagai kunci sukses dalam bisnis online. Artinya bila traffic banyak, kesuksesan terbuka di depan dan bila traffic sepi, perlu perjuangan lebih keras lagi jika ingin membuka kesuksesan.

Kualitas konten
Konten atau isi (artikel) dalam sebuah website atau blog sangat penting. Para webmaster sering menyebut 'content is the king'. Konten yang berkualitas buruk, usang, basi atau bahkan hasil copas, jelas kurang menarik untuk pengunjung blog. Terlebih lagi untuk keperluan mesin pencari. Oleh karena itu jika mungkin buatlah konten yang segar, orisinil, belum pernah ada dan menarik untuk dibaca dan memberikan manfaat yang jelas untuk pengunjung website atau blog. Intinya adalah buat isi blog atau website secara keseluruhan menarik dan unik agar pengunjung betah dan ingin kembali mengunjungi blog diwaktu berikutnya.

Tidak konsisten
Tidak konsisten di sini dimaksudkan kepada tidak rutin dalam posting. Ini menjadi penyebab blog tidak menarik. Jikapun berada di urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci bagus, tetapi kontennya tidak berubah, basi ... dimakan juga sudah tidak enak bukan?. Kenapa tidak 'makan' artikel di blog lain yang segar?. Penting untuk membuat posting serutin dan sekerap mungkin. Jika sibuk dengan pekerjaan lain bisa membuat banyak artikel kemudian gunakan fitur 'scedule' atau penjadwalan posting, sehingga posting akan otomatis tanpa harus online.

Suka ikut-ikutan
Perilaku suka ngikut, copy paste, plagiator dan seterusnya kurang berhasil jika diterapkan dalam blogging. Contohnya jika mendengar orang lain sukses membuat blog tentang sebuah topik, ikut. Ini akan mengakibatkan blog masuk dalam segerombolan arus besar blog blog lain dan membuat blog kita tidak akan terlihat dan malah tenggelam. Disini perlunya sebuah ciri khusus pada blog. Pastikan blog kita adalah tidak ada yang menyamai dan benar benar unik. Sehingga dengan sendirinya akan membuat blog kita keluar dari gerombolan arus deras tadi dan menjadi terlihat.

Otak hanya berisi uang
Disini kembali kepada mindset lagi. Jika kegiatan blogging sementara yang ada di kepala hanya uang dan uang, maka percayalah satu bulan atau 3 bulan pasti wassalam. Ini menjadi hal yang sulit karena mungkin beberapa atau kebanyakan orang memulai blogging dengan pikiran awal bahwa mencari uang dengan bisnis online itu mudah. Nah mindset yang seperti ini menyebabkan hal di atas. Oleh karena itu cobalah untuk 'kesampingkan' dulu uang dari pikiran saat blogging. Konsentrasi saja pada pembuatan konten yang bagus dan berikan sesuatu yang bermanfaat untuk pengunjung blog Anda. Para blogger sukses mengatakan 'jauhkan uang dari pikiran, maka pada waktunya uang itu akan datang kepada Anda'.

Putus asa
Ini juga berawal dari mindset yang kurag tepat ditambah dengan faktor lain sehingga datanglah putus asa. Tamat sudah jika sampai pada titik ini. Banyak blogger yang memutuskan berhenti dari ngeblog kurang dari 3 bulan karena dalam waktu itu belum juga mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Ini disebabkan pola pikir (mindset) yang sudah kadung tertenam di pikiran bahwa mencari uang di internet itu mudah, cepat, instant, tanpa kerja keras dan seterusnya.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi penyebab kegagalan dalam mencoba bisnis online. Tentu saja masih banyak penyebab lain tetapi setidaknya itulab beberapa saja yang mungkin penting untuk diperhatikan dan lebih penting kepada pola pikir yang lurus dan benar dalam memahami bisnis online.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

5 comments:

  1. thank's banget..kadang semangat ngeblog kobar2.kadang melempem.thank's banget..kadang semangat ngeblog kobar2.kadang melempem.

    ReplyDelete
  2. ya memang harus sabar dan trus belajar

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog