Friday, September 23, 2011

Stop Pakai Kartu Kredit

Kartu kredit jika tidak digunakan dengan bijak bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. Di satu sisi, benda ini memang cukup berguna, apalagi jika Anda sedang berada di luar negeri. Namun di sisi lain, kalau tergiur memakainya untuk kebiasaan belanja impulsif Anda, bukan tidak mungkin Anda malah terjerat utang.

Jika saat ini Anda sedang berusaha lepas dari jeratan kartu kredit, berikut lima cara yang bisa Anda coba untuk stop memakai alat pembayaran itu, seperti dikutip dari About:

1. Tutup Kartu Kredit
Hal pertama ini bisa Anda lakukan jika memang Anda tidak memiliki banyak utang pada pihak kartu kredit. Cara pertama ini sangat efektif membuat Anda tidak lagi memakai kartu kredit. Niat dan tekad, itulah yang paling dibutuhkan untuk melakukan tindakan pertama ini.

2. Tinggalkan Kartu Kredit di Rumah

Jika Anda tidak atau belum sanggup menutup kartu kredit, cobalah untuk meninggalkannya di rumah. Apalagi jika Anda akan pergi ke mal, sebaiknya taruh saja kartu kredit tersebut di dalam lemari di kamar Anda. Cara ini membuat Anda 'terpaksa' mengeluarkan uang tunai saat berbelanja.

3. Simpan Kartu Kredit di Tempat yang Sulit Anda Jangkau

Anda ingat bagaimana Rebecca Bloomwood dalam kisah Confessions of a Shopaholic menyimpan kartu kreditnya di dalam freezer? Kartu tersebut dibuat menjadi es batu oleh Rebecca sehingga butuh usaha lebih agar ia bisa memakai kartu itu saat dibutuhkan.

Kalau memang kebiasaan Anda belanja dengan kartu kredit sudah sangat sulit dihentikan, Anda bisa mencoba cara Rebecca. Jika tidak mau terlalu ekstrim, Anda bisa menaruhnya di bawah tumpukan baju. Intinya, usahakan agar kartu kredit itu jauh dari jangkauan Anda.

4. Shock Therapy

Pernahkah Anda menghitung berapa bunga yang Anda harus bayar setiap bulannya jika Anda tidak membayar lunas tagihan kartu kredit setiap bulannya? Jika belum pernah, cobalah lakukan karena ini bisa jadi semacam shock therapy untuk Anda. Saat melihat angka yang sebenarnya Anda bayarkan kepada pihak kartu kredit, Anda bisa jadi sangat menyesal dan akan berpikir dua kali untuk menggunakannya lagi.

5. Kontrol Diri

Cara kelima ini memang tidak se-ekstrim cara 1-4. Namun bisa jadi justru hal kelima inilah yang memang seharusnya Anda terapkan sejak awal jika memang ingin menghentikan kebiasaan belanja dengan kartu kredit.

Cobalah disiplin dan kontrol diri Anda saat godaan kartu kredit itu datang. Ingat lagi berapa bunga yang harus Anda bayar jika Anda tak melunasi tagihan. Kalau Anda berhasil menahan godaan, tidak ada salahnya Anda memberikan penghargaan kepada diri sendiri.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

5 comments:

  1. untungnya saya gakk punya kartu kredet atau debet

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas cara-cara nya..
    sangat bermanfaat untuk saya...

    ReplyDelete
  3. kartu kredit cuma bikin bangkrut gan....
    terimakasih atas cara-cara stop nya...

    ReplyDelete
  4. bagus juga nih cara-cara nya..
    thanks mas....

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog