Tuesday, August 23, 2011

Menggunakan Facebook Sebagai Strategi Marketing Ampuh Di Internet

Anda mungkin sudah mengenal Facebook, atau bahkan mungkin anda sudah menggunakannya. Facebook adalah situs layanan pertemanan (social media) yang belakangan berkembang sangat pesat dan digandrungi oleh masyarakat dari berbagai lapisan umur, Termasuk di Indonesia. Facebook utamanya digunakan sebagai media untuk menjalin pertemanan dengan seluruh orang dari berbagai belahan dunia (sesama pengguna Facebook). Dan nampaknya facebook ini mampu memfasilitasi salah satu hal yang memang sudah menjadi kodrat manusia, yakni keinginan untuk selalu berinteraksi dan bersatu dengan orang lain.

Menurut data dari CheckFacebook.com, total pengguna Facebook saat ini di seluruh dunia mencapai 314 juta lebih, sedangkan di Indonesia mencapai 11,75 juta (sekitar 3,72% dari total pengguna Facebook seluruh dunia). Pengguna terbanyak berada di kisaran umur 18-24 tahun (40,1%) disusul rentang usia 25-34 tahun (25,3%) dan tempat ketiga diduduki rentang usia 14-17 tahun (21%). Jika dilihat dari sisi gender, pengguna pria mencapai 58,1% dan pengguna wanita sebesar 41,9%.

Pesatnya perkembangan Facebook ini dapat dimaklumi. Dari berbagai situs layanan sosial yang bertebaran di internet, Facebook menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan rekan-rekan sejawatnya sesama situs layanan sosial. Dan kelebihan-kelebihan inilah yg bisa kita manfaatkan untuk segala keperluan kita, termasuk untuk tujuan bisnis atau cari uang di internet.

Untuk kepentingan bisnis dan peluang usaha, makin banyak perusahaan mulai mengerti akan kekuatan Facebook. Perusahaan-perusahaan besar kini bukan hanya menggunakan media Mainstream (TV, radio dan media cetak) untuk beriklan atau menciptakan Brand. Penciptaan Brand dan strategi pemasaran kini merambah ke website yang interaktif dan seringkali dipadukan dengan media sosial semacam Facebook.

Nah, disini saya akan sedikit mengulas tentang apa yang bisa kita manfaatkan dari Facebook untuk mendongkrak perkembangan bisnis kita.

    * Facebook Sebagai Media Riset dan Target Pasar

Kalau anda termasuk orang yang sedang belajar cara cari uang di internet. Ketika Anda akan menciptakan satu produk baru, maka sebelum produk benar-benar diciptakan dan dijual ke pasar riset untuk mendapatkan feedback dari pasar mutlak diperlukan. Ketika menggunakan media mainstream (TV, radio dan media cetak), menggali opini konsumen sebelum kita menciptakan produk yang benar-benar diinginkan pasar mungkin akan menjadi suatu hal yang memakan waktu dan biaya. Kini dengan website dan Facebook Anda bisa menggali opini konsumen dalam beberapa menit.

Konsumen akan sangat senang ketika opini mereka didengarkan oleh produsen. Interaksi yang terjadi melalui Facebook memungkinkan terjadinya sebuah Viral Communications (komunikasi berantai) antar pengguna Facebook. Komunikasi di facebook akan terjadi antar konsumen, dan konsumen dengan produsen. Jika Anda cerdas memanfaatkan komunikasi yang terjadi, sebenarnya Anda sudah melakukan analisis market untuk menunjang penjualan produk atau penciptaan brand produk Anda.

    * Facebook untuk Branding, Meningkatkan Trafik dan Penjualan
Di Facebook kita bisa memajang atau men-Display produk-produk kita, tanpa perlu space yang besar dan bahkan bisa Free. Jadi orang bisa melihat produk kita yang fotonya bisa kita tampilkan di facebook (seperti iklan), namun kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk itu.

Dari sisi Branding, pencitraan terjadi karena adanya interaksi antar pengguna Facebook. Komunikasi terjadi antara calon pelanggan/pelanggan dengan sesama pelanggan dan pelanggan dengan penjual. Rekomendasi positif dari pelanggan yang loyal mendongkrak penciptaan branding yang kuat.

Dari sisi traffik dan penjualan, makin banyak teman dan jaringan yang dimiliki oleh penjual, penyebaran informasi produk makin luas pula. Dengan meluasnya penyebaran informasi produk, ditambah pencitraan yang baik dari brand yang dijual pada akhirnya meningkatkan penjualan/sales .

    * Manfaatkan Group, Fans Page, Facebook Marketplace dan FacebookAds
Saya harap anda tidak merasa cukup menggunakan Facebook hanya untuk ajang pertemanan. Karena anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai media penghasil uang bagi anda di internet. Saatnya Anda mulai berpikir untuk mencoba layanan Facebook Group, Facebook Page, FacebookAds dan Facebook Marketplace.

Layanan Group dan Page tidak jauh berbeda dengan layanan pertemanan biasa. Sedangkan Facebook Marketplace oleh pengelola Facebook  memang ditujukan sebagai target pasar. Sedangkan layanan FacebookAds merupakan layanan iklan berbayar dengan sistem Pay Per Click atau Cost Per Thousand. Yang berarti Anda harus membayar sebanyak berapa kali iklan Anda diklik atau seberapa ribu kali iklan Anda ditayangkan di Facebook .

Apa pun pilihan Anda untuk mengiklankan produk Anda, tentu sudah melalui proses analisa yang mendalam. Facebook Marketing merupakan sesuatu yang baru, dan bisa dijadikan alternatif lain untuk strategi marketing produk Anda.

Nah, bagaimana? Sudah siap merubah haluan Facebook anda ke arah yang lebih efektif, bermanfaat, dan menghasilkan. Sehingga kegiatan “ber-Facebook ria” anda tidak akan terasa membosankan. Atau anda punya pendapat lain…? Silahkan berikan komentar anda dibawah.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

2 comments:

  1. fb emang bagus buat promosiiin barang/jasa tp rawan penipuan juga yahhh prasaan :) kusu2 ati2 milih lapak

    ReplyDelete
  2. #Green Kloperer : Terimakasih sudah berkomentar...

    ReplyDelete

Saya sangat menghargai Anda yang bersedia berkomentar di setiap postingan bolehngeblog